allTOURnative Trip Organizer

Pantai Goa Cina

Malang memiliki banyak sekali pantai indah yang tersebar di kawasan Malang selatan, baik yang masih alami dengan akses jalan yang masih sulit, maupun yang sudah dikelola menjadi obyek wisata dan memiliki akses jalan beraspal yang cukup baik. Salah satunya yang cukup menjadi primadona sekarang ini adalah Pantai Goa Cina.

Panorama Pantai Goa Cina
Dinamakan Pantai Goa Cina karena menurut masyarakat setempat, dahulu ada seorang biksu yang bertapa di dalam goa yang berada di dekat pantai. Akan tetapi ketika seseorang masuk ke dalam gua tersebut sang biksu tidak ditemukan, tetapi hanya tersisa tulang belulang sang biksu saja. Selain tulang tulangnya, sang Biksu juga meninggalkan tulisan mandarin di langit-langit gua beserta sebuah mangkuk. Dan menurut warga setempat, keponakan dari Biksu tersebut masih sering berkunjung ke gua untuk mengirimkan doa.

Pantai Goa Cina terletak di dusun Trowotatih, desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Sekitar 70 kilometer atau lebih kurang 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Tamban, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Bajul Mati. Goa Cina cukup mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan akses jalan aspal hotmix yang cukup baik. Kecuali pada sekitar 1 kilometer terakhir, ketika memasuki desa untuk menuju pantai jalan nya masih berupa jalan makadam.



Seperti pada pantai pantai lain di Malang selatan, Pantai Goa Cina juga memiliki pasir yang putih dan ombak besar khas laut selatan Jawa, sehingga tidak disarankan untuk berenang di sini. Kecuali air sedang surut, atau sekedar bermain ombak di tepian pantai saja. 
Karakteristik unik nya adalah pantai ini dikepung oleh beberapa pulau kecil yang seolah olah menggarisi dan membagi batas antara laut dangkal dan laut dalam.

Hal lain yang menarik di Pantai Goa Cina dalah lumut yang tumbuh di batu karang hampir sepanjang pantai. Ketika sedang pasang mungkin tidak akan nampak, tetapi jika sedang surut, deretan lumut ini akan jelas terlihat. Bagi penyuka fotografi, ini bisa menjadi obyek bidikan kamera yang menarik.

Bagi anda yang senang memancing, cobalah berjalan-jalan kearah timur. Setelah melewati bukit dan hutan, anda akan menemukan spot memancing yang tersembunyi yang berada di atas batu karang dan berhadapan langsung dengan samudra. Dari sini akan terlihat jelas banyak kumpulan ikan berlalu lalang siap untuk ditangkap.

Garis pantai terpanjang ada di bagian barat Goa Cina. Di sini juga akan nampak pulau karang besar yang sekilas mirip dengan pulau karang di Pantai Papuma Jember. Ujung barat pantai berbatasan dengan tebing karang yang seolah olah menjadi batas area pantai wisata ini.



Keunikan karakteristik dan keindahan panorama nya, menjadikan Pantai Goa Cina sebagai destinasi wajib jika anda berkunjung ke Malang. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar