allTOURnative Trip Organizer

Balekambang, Tanahlot nya Jawa

Balekambang (source : Intisari Online )
Bali boleh bangga memiliki Tanahlot yang sudah sangat tersohor keindahan nya. Tapi Malang juga bisa berbangga diri karena memilili Tanahlot versi KW nya, Pantai Balekambang. Bale (rumah, pura, bangunan tempat tinggal), Kambang (mengapung). Pantai Balekambang secara fisik memiliki ciri yang sama dengan Tanahlot, yaitu sama sama memiliki bangunan pura di pulau karang yang berdiri sendiri terpisah dari garis pantai.


Pantai Balekambang, terletak di kecamatan Bantur, 65 Km sebelah selatan kota Malang. Terbentang dengan sangat indah dengan pasir putih sepanjang garis pantai, yang panjangnya mencapai 2 km dan memiliki lebar sekitar 200 meter ke arah laut. Untuk mencapai pantai Balekambang, bisa melalui kecamatan Gondanglegi dan kecamatan Bantur, dilanjutkan ke desa Srigonco. Meskipun jalan nya sudah beraspal dan bisa dilalui kendaraan baik mobil maupun motor, tetapi terbilang sempit dan kondisinya tidak cukup baik. Bergelombang dan banyak lobang di sepanjang jalan, terutama memasuki kilometer terakhir mendekati pantai.


Daya tarik Pantai Balekambang adalah adanya sebuah pura yang megah yang berdiri di atas di Pulau Ismoyo. Pengunjung bisa berjalan menuju ke pura ini dengan mudah karena adanya sebuah jembatan panjang yang menghubungkan bibir pantai dengan pura. Tapi perlu diingat bahwa wanita yang sedang datang bulan dilarang memasuki kawasan pura, karena pura ini dianggap sebagai tempat suci yang digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Ada sebuah kepercayaan yang beredar, jika anda melanggar aturan tersebut maka anda akan dirasuki oleh roh penunggu pura.


Selain Pulau Ismoyo dimana terdapat bangunan pura,  Pantai Balekambang juga memiliki 2 pulau lainnya, yaitu Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Pada bulan Suro, pantai Balekambang akan lebih ramai dari biasanya karena akan digelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja.


Pantai Balekambang memiliki ombak yang cukup besar, tetapi cukup aman untuk digunakan berenang sejauh tidak melewati batas yang sudah ditentukan. Keindahan pantai dan tiket masuk yang terjangkau membuat Balekambang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun dari luar Malang, sebagai opsi wisata murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar